Catatan si Midah: Ulasan Drakor Doctor Stranger

14 Maret 2017

Tadi malam sudah saya selesaikan menonton drama ini. Meski lagi-lagi dengan menyesal, saya kok rasanya pernah menonton ini entah di mana. Aargghh..saya ini kenapa sih..
Tapiii... karena hanya sebagian kecil yang saya rasa pernah menontonnya, jadi tetap asik saja bagi saya menonto drama ini kemarin. Dan.. hasilnya ya saya cukup puas. Drama yang diperankan Lee Jong Suk memang keren-keren!
Kalau untuk orangnya sendiri, saya merasa biasa saja. Tidak merasa sukaaa banget sama Lee Jong Suk. Saya hanya tergila-gila pada drama-dramanya yang bukan hanya menghadirkan kisah cinta belaka, tapi juga aksi laga, pembunuhan atau lainnya. Bener-bener selera saya banget.

Nah, ini detail drama ini
Judul : 닥터 이방인 / Dakteo Yibangin / Doctor Stranger
Genre : Drama, Romance, Medis
Jumlah Episode : 20 Episode
Periode Tayang : 5 Mei 2014 - 8 Juli 2014
Jadwal Tayang : SBS - Senin dan Selasa (21.55 KST)
Pemeran Utama : Lee Jong-suk, Jin Se-yeon, Park Hae-jin, dan Kang So-ra

Penulis        Park Jin-woo
Kim Joo
Sutradara  Jin Hyeok
Produser eksekutif      Han Jung Hwan
Produser    Park Chang Yong
Lokasi         Seoul, Korea Selatan
Budapest, Hongaria
Rumah produksi   Aura Media

Karakter utama
Lee Jong-suk sebagai Park Hoon
_Goo Seung-Hyun sebagai Park Hoon kecil

Jin Se-yeon sebagai Song Jae-Hee / Han Seung-hee
_Seo Ji-Hee sebagai Song Jae-hee kecil

Park Hae-jin sebagai Han Jae-Joon / Lee Sung-Hoon
_Kim Ji hoon sebagai Lee Sung-Hoon kecil

Kang So-ra sebagai Oh Soo-Hyun

Karakter pendukung
Chun Ho-jin sebagai Perdana Menteri Jang Seok-Joo
Jun Gook-hwan sebagai Oh Joon-Gyu (ayah Soo-Hyun dan direktur RS Myungwoo)
Choi Jung-Woo sebagai Moon Hyung-Wook
Nam Myung-Ryul sebagai Choi Byeong-Cheol
Yoon Bora sebagai Lee Chang-Yi
Kim Sang-Ho sebagai Yang Jeong-Han
Hwang Dong-Joo sebagai Geum Bong-Hyun
Kang Tae-Hwan sebagai Oh Sang-Jin
Lee Jae Won sebagai Kim Chi-Gyu
Uhm Soo-jung sebagai Min Soo-Ji
Zhang Liang sebagai Sean Zhang (teman Jae-joon)
Han Eun-Sun sebagai Eun Min-Se
Jung In-gi sebagai Kim Tae-Sool
Park Hae-joon sebagai Cha Jin-Soo
Kim Yong-gun sebagai Presiden Hong Chan-Sung
Kim Sang-joong sebagai Park Chul (ayah Park Hoon)

Drama ini ceritanya diawali saat Park Chul, seorang ahli bedah jantung yang cukup hebat, diminta oleh Jang Seok Joo untuk mengoperasi jantung Kim Il Jung, pemimpin Korea Utara. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah perang.
Park Chul pun berangkat bersama Park Hoon ke Korea Utara dan berhasil melakukan operasi pada Kim Il Jung. Akan tetapi, saat mereka hendak pulang ke Korea Selatan, mereka dihadang oleh para tentara Korea Utara. Tentara itu mengatatkan kalau Jang Seok Joo memerintahkan untuk membunuh mereka. Tapi tentara itu tidak melakukannya.
Akhirnya, Park Chul dan Park Hoon hidup bertahun-tahun di Korea Utara. Sementara Jang Seok Joo menikmati apresiasi dari warga KorSel karena menyangka ia-lah yang sudah berusaha menghentikan perang.
Saat beranjak dewasa, Park Hoon (Lee Jong Suk) menjadi dokter bedah jantung yang ahli seperti ayahnya. Ia menjalin hubungan dengan Song Jae Hee, teman sejak kecilnya. Akan tetapi, Jae Hee ditangkap oleh tentara Korea Utara karena ayahnya berasal dari Jepang.
Park Hoon pun dipekerjakan di pusat kesehatan Korea Utara. Di sana ia diminta mengoperasi orang hidup dan diambil organnya. Ayahnya, mengorbankan diri agar Park Hoon bisa kabur ke Korea Selatan bersama Jae Hee.
Awalnya Park Hoon berhasil kabur saat di Budapest, Hongoria, tapi kedutaan Korea Selatan di Budapest melarang Park Hoon dan Jae Hee masuk. Itu karena saat itu ada Jang Seok Joo di sana. Orang-orang Korea Utara berhasil mengejar sehingga Jae Hee pun tertembak dan jatuh ke sungai.
Dua tahun setelah itu, Park Hoon masib terus mencari Jae Hee. Karena suatu insiden, ia akhirnya menjadi dokter bedah di RS Myungwoo. Di sanalah Park Hoon bertemu dengan Han Seung Hee, dokter anastesi yang mirip dengan Jae Hee.
Seung Hee awalnya tak mengakui bahwa ia adalah Jae Hee. Tapi akhirnya ia mengakui dan kembali bersama Park Hoon. Akan tetapi, Seung Hee ternyata menyinpam rahasia dari Park Hoon. Rahasia yang menyangkut nyawanya, nyawa Park Hoon, juga ibu kandung Park Hoon.
Drama ini oke. Jelas. Makanya jadi trending juga. Konfliknya rumit dan menegangkan. Ada banyak unsur pula dalam drama ini. Politik, cinta, juga kesehatan. Dari segi kesehatan, kita (atau mungkin cuma saya sendiri, haha) bisa melihat dengan terkagum-kagum kehebatan Park Hoon saat melakukan operasi. Ia bahkan bisa melakukan operasi dengan mata tertutup! Keren kan?
Tiap tokohnya juga memiliki kaitan yang erat di drama ini. Jadi nggak ada yang sekedar tempelan saja. Semuanya juga memiliki konflik masing-masing.
Dari segi cinta, kita juga disuguhi cinta segi empat. Meskipun sudah sering cerita tentang cinta segi empat seperti ini, tapi kisahnya jadi tak terlihat membosankan karena dibalut konflik-konflik lainnya.
Adegan operasinya juga terasa sungguhan. Jantung yang dioperasi. Dada yang dibedah. Meski mungkin itu hanya properti, tetap membuat saya agak geli melihatnya.
Oh ya, FYI, sutradara drama ini adalah sutradara drama City Hunter dan Briliant Legacy juga. Makanya jangan heran kalau "rasa" drama ini agak mirip City Hunter. Apalagi ada beberapa pemain senior dari City Hunter juga yang main di sini seperti pemeran Park Chul juga Jang Seok Joo.

Hmm.. kekurangannya ada beberapa kejanggalan dalam drama ini. 

Pertama di ending. Ceritanya sih happy ending, tapi kok ibunya Park Hoon masih tinggal terpisah dari Park Hoon? Apa mungkin itu karena ibunya belum sembuh benar? Entahlah.

Kedua tokoh Kim Chi Gyu. Beberapa episode awal sampai pertengahan, Chi Gyu teruuuusss saja bermesraan bersama salah seorang dokter junior. Entah itu berciuman atau tidur, hiii.. Ini juga salah satu sisi negatif drama ini. Ada adegan tak bagus di mana-mana. Uuhh..
Kembali ke Chi Gyu, dia awalnya sering bersama sesama dokter junior juga, eeh tapi di pertengahan sampa episode terakhir kok dia malah mengejar-ngejar Lee Chang Yi, adik angkat Park Hoon yang tomboy. Kan rasanya aneh banget karena Chi Gyu tidak diceritakan putus sama pacarnya itu.

Ketiga saat Seung Hee ditodong pistol oleh anak buah Jang Seok Joo dan Seung Hee balik menodongkan pistol. Saat itu Chang Yi memata-matai Seung Hee dan melaporkan perkembangannya pada Park Hoon. Park Hoon sampai lamaa sekali tidak masuk ke ruang operasi karenanya. Lalu bersambung. Eeeh.. Pas di episode berikutnya, Chang Yi yang akan pulang dari memata-matai Seung Hee menelepon Park Hoon kembali. Anehnya handphonenya malah ada di jas dokter Park Hoon dan di simpan di kamar istirahat para dokter sehingga Park Hoon tidak mengangkatnya. Lah bukannya tadinya dibawa ke tempat ia mencuci tangan sebelum operasi? Kenapa bisa ada di kamar? Kan lucu. Lebih logis kalau handphone ditinggal di luar ruang operasi, di tempat mencuci tangan, lalu Park Hoon yang sudah ada di ruang operasi tak bisa mengangkatnya. Jadi benar-benar terasa aneehh pas bagian itu.

Selebihnya bagus sih. Karena itu saya beri nilai 8 untuk drama ini. Recommended untuk ditonton.
Ingin tahu cerita lengkapnya? Tonton aja. Keren kok. Dijamin nggak bakal nyesel deh. Nanti saya tambah foto juga ya.




Komentar

  1. Sama gua jg kecewa ama cerita ending si ibu Park hoon,
    Kenapa endingnya tidak bersama?
    Apakah stethoscope yg sebelumnya diminta ibu Park hoon, itu sama dengan yg dikasihkan parkhoon dengan han jaé-joon?

    Kalau sama stethoscope nya, berarti Park hoon dan ibunya sering bertemu, soalnya pas ibu Park hoon dikasih stethoscope dia sedang memakai gelang merah pemberian Park hoon, jadi semacam kode keras kalau mereka sering ketemu gitu. Bertemu saat memberi gelang dan saat dikasih stethoscope.

    Trus kenapa kalau ibu anak bahagia, tetapi mereka ga bersama, sebel dah liatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang cerita dengan open ending itu suka berasa kurang greget dan kurang sreg di hati, ya 😂

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Datang Saat Butuh

Kontes Kreasi Masakan Jahe

Lirik Lagu + Terjemahan (Inggris) Kimi To Zutto by Yuyu (OST. Serial Live Action Detective Conan)