Catatan si Midah: Ulasan Dorama Jepang Offbeat Chief Police aka Career

Tadi malam (11 Desember 2016) dorama yang selalu saya tunggu tiap minggu ini tamat! Hikss.. Padahal tadinya saya kira episodenya akan lebih panjang. Saya sedih, ya karena cerita detektif semacam ini yang paling saya sukai.
Tapi ternyata setelah saya cek semua dorama Jepang yang ada di aplikasi Vi* memang memiliki jumlah episode hanya 10 atau 11. Ya sudahlah, hihi..

Oh ya, ini detailnya ya

Title: キャリア
Title (English): Career
Also known as: Offbeat Chief Police
Tagline: 掟破りの警察署長 / Okite Yaburi no Keisatsu Shochou
Format: Renzoku
Genre: Detective, comedy
Episodes: 10
Viewership ratings: 7.16%
Broadcast network: Fuji TV
Broadcast period: 2016-Oct-09 to 2016-Dec-11
Air time: Sunday 21:00
Theme song: Akatsuki no Kimi ni by GReeeeN

Cast
Tamaki Hiroshi as Toyama Kinshiro
Takashima Masahiro as Minami Yozo
Takimoto Miori as Aikawa Misato
Shirasu Jin as Matsumoto Hideki
Hankai Kazuaki as Motoyama Teruo
Chibana Kurara as Kano Rika
Hirayama Yusuke as Mizuguchi Takuro
Katsuya (勝矢) as Hanaoka Ichitaro
Komai Ren (駒井蓮) as Minami Megumi
Matsumoto Gaku (松本岳) as Aoki Shinobu
Tanaka Minako as Minami Midori
Yanagisawa Shingo as Handa Junji
Kondo Masaomi as Osakabe Shinsuke

Dorama ini bercerita tentang Toyama Kinshiro (nama keluarga ibunya yaitu Toyama) dari kalangan polisi elit (career) yang ditunjuk sebagai Kepala Polisi di Kantor Polisi Kitamachi. Awalnya anak buahnya tidak suka padanya, terutama senior Minami Yozo, karena Kin-san sering "ikut campur" dalam penyelidikan. Kin-san memang tidak seperti Kepala Polisi lainnya yang hanya duduk di kantor membaca laporan dan menandatanginya, ia juga ikut menyelidiki kasus-kasus, terutama yang hanya dianggap sepele oleh anak buahnya. Malah seringnya kasus yang dianggap sepele yang diselidiki Kin-san tersebut merupakan "petunjuk penting" dari kasus-kasus besar yang ditangani anak buahnya.
Kemudian, saat sudah menyelesaikan kasus penipuan uang, akhirnya mulai terbongkar kalau pelaku pembunuhan petugas polisi Sakurai 25 tahun yang lalu bukanlah yang dikejar polisi lalu bunuh diri. Pelakunya orang lain dan ada saksinya. Terbongkar juga bahwa Kinshiro ada anak dari Sakurai-san. Semua jadi seru saat ternyata pelaku pembunuhan yang sebenarnya adalah anak dari "orang penting" sehingga semua berusaha melindunginya. Tentu ini jadi sulit bagi Kin-san.
Dorama ini lumayan lah. Lumayan menghibur bagi saya yang penggemar detektif. Dalam beberapa kasus, saya terkadang "terkejut" oleh hal yang tak bisa diduga sebelumnya. Hanya saja drama ini agak "konyol" sebenarnya. Jadi saat pelaku sudah tertangkap, mereka selalu saja menanyakan "Di mana Kepala Polisi kalian? Aku akan melaporkan kalau kalian tidak becus bekerja" atau semacam itulah. Nah, saat itulah Kinshiro selalu mengeluarkan "tanda pengenal"nya dan mengatakan kalau dialah Kepala di situ. Lalu setelah itu, para penjahat jadi silau karena lambang bunga sakura di tanda pengenal Kin-san sehingga terjatuh. Selaluu saja begitu. Awalnya terasa keren. Orang-orang tak menyangka bahwa pria muda berusia 35 tahun yang kelihatan seperti petugas polisi biasa adalah Kepala Polisi. Tapi lama-lama ya adegan berulang itu terasa "konyol" buat saya. Ini menurut saya sih, hehehe..
Tapi selebihnya dorama ini lumayan kok. Nilainya 8 dari 10 kalau buat saya. Lumayan keren lah.
Nah, yang suka detektif juga bisa tonton dorama ini ya. Semoga ulasan saya bermanfaat.
Nanti foto-fotonya menyusul yaa..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Geu Saram by Lee Seung Chul (OST Baker King / Bread, Love, and Dream)

Catatan si Midah: Ulasan Drakor Doctor Stranger

Catatan si Midah: Ulasan Drakor Lets Fight Ghost