Catatan si Midah: Ulasan Film India Agneepath

22 Desember 2016


Nonton filmnya Hrithik Roshan lagi! Hehe..
Saya tahu film ini (lagi-lagi) dari status fb teman. Ada yang bilang dikomennya kalau film yang rilis tahun 2012 ini bagus. Terus ya karena pemainnya Hrithik Roshan, maka saya jadi semakin ingin menontonnya.


Para pemain Agneepath
(http://photos.filmibeat.com/ph-big/2012/01/agneepath_13256653190.jpg)


Tapi.. agak tidak sesuai harapan sih sebenarnya.
Hrithik Roshan di sini jadi "bad guy" gitu deh. Yah, sebenarnya wajar sih. Kalau saya mengalami apa yang dialami oleh Vijay Deenanath Chauhan alis Viju (Hrithik Roshan) mungkin saya pun akan mencoba membalas dendam, haha..

Viju kecil yang masih berusia 12 tahun
(https://mediadepositfile.files.wordpress.com/2012/05/agneepath-blu-ray-720p-2.jpg)

Jadi, ceritanya ayah Viju adalah seorang guru yang dihormati di Desa Mandwa. Tapi seorang tuan tanah di desa itu tak suka pada ayah Viju. Lalu anak tuan tanah tersebut yang bernama Kancha (Sanjay Dutt), datang kembali setelah keluar dari penjara. Kancha kemudian menghasut para penduduk agar menyewakan tanahnya. Karena dihalangi oleh ayah Viju, Kancha pun memfitnah ayah Viju. Kancha dan para penduduk yang terhasut pun menggantung ayah Viju di pohon beringin tepat dihadapan Viju yang masih berusia 12 tahun.


Kancha (Sanjay Dutt)
(http://3.bp.blogspot.com/-3ju3s-qvr7k/TwCnrYjvEHI/AAAAAAAAExY/5vl4g9RqXnM/s1600/agneepath-1a.jpg)


Rumah Viju dibakar, serta ayah yang difitnah membuat Viju dan ibunya yang sedang hamil pergi ke Mumbai. Di sana ibunya melahirkan seorang anak perempuan bernama Shiksha. Ternyata di Mumbai ada geng penjahat yang merupakan lawan Kancha yang diketuai oleh Rauf Lala. Viju pun menjadi anak buah Lala.


Rauf Lala
(http://bollyspice.com/wp-content/uploads/2012/01/12jan_agneepath-presskit14.jpg)


Ibunya yang tak menyukai Viju menjadi penjahat, pergi ke kota lain dengan membawa Shiksha. Sementara Viju tetap tinggal di Mumbai di daerah pelacuran tempat Shiksha dulu lahir.
Lima belas tahun kemudian, Viju jadi "penjahat" yang disegani. Hanya saja, setiap uang yang dihasilkannya kemudian dibagikan pada rakyat miskin, terutama di kampung pelacuran tersebut.
Dengan kecerdikannya, ia berhasil menggantikan Rauf Lala menjadi pemimpin penjahat di Mumbai. Itu membuatnya bisa bertemu kembali dengan Kancha.
Sayangnya, tentu saja Kancha tak semudah itu dikalahkan. Viju harus menanggung rasa kehilangan sekali lagi.
Yah, walaupun dipenuhi tangisan, ending film ini bisa dibilang bahagia sih.
Jalan yang ditempuh Viju ini benar-benar sesuai judulnya Agneepath = jalan api. Katanya sih film ini berdasarkan cerita nyata. Oh ya, Agneepath ini kata yang diambil dari bunyi salah satu ayat di kitab agama Hindu (maafkan jika saya salah). Ayah Viju kan seorang pemeluk agama yang taat. Beliau selalu menghafal ayat bersama Viju.


Dari Kiri: Kaali (Priyanka Chopra), Shiksha adik Viju, Viju (Hrithik Roshan)
(http://cdn.bollywoodbubble.com/wp-content/uploads/2015/08/Agneepath-siblings.jpg)

Di film ini kita juga bisa melihat si seksi Priyanka Chopra sebagai Kaali pasangan Viju. Ada Katrina Kaif juga sebagai bintang tamu.
Dari film ini kita bisa belajar sisi lain kehidupan, yaitu kehidupan para mafia. Ada banyak aksi laga dan baku tembak juga. Dari film ini lagi-lagi kita ditunjukkan, bahwa dengan membalas dendam, perasaan kita mungkin memang puas, tapi tetap kita juga tak mendapat apa-apa dari balas dendam itu.
Hanya saja, seringnya memang manusia lebih mengutamakan hawa nafsu termasuk dendam. Saya juga tak luput dari itu. Film ini mengajak kita berpikir dan berpikir lagi kalau ingin membalas dendam.
Nilainya 7,5 dari 10 menurut saya. Keseluruhan bagus, tapi saya tetap tak suka Hrithik Roshan jadi penjahat, hikss..
Kalau mau menonton filmnya silakan. Semoga ulasan ini bermanfaat.


PS:
Setelah saya cari-cari foto film ini, ada beberapa foto yang menyandingkan foto Hrithik Roshan dan Amitabh Bachan. Karena penasaran, saya pun searching. Ternyata Film Agneepath (2012) versi Hrithik Roshan ini adalah remake dari Agneepath tahun 1990 yang diperankan oleh Amitabh Bachan sebagai Vijay Deenanath Chauhan.
So, kalau ada kesempatan nanti dan tentunya kalau saya berhasil menemukan filmnya (karena ini film lama banget), saya akan menonton film Agneepath versi lama untuk membandingkan.
Thank You.


Poster Agneepath 1990
(https://img.hindilinks4u.to/2010/05/Agneepath-1990.jpg)


Ada Mithun Chakraborty juga di sini

(http://i.imgur.com/bHo0O1C.jpg)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan si Midah: Ulasan Drakor Empress Ki

Datang Saat Butuh