Catatan si Midah: Ulasan Dorama Jepang Tantei No Tantei

4 Februari 2017


Tadi malam saya menyelesaikan satu dorama lagi setelah berhari-hari menontonnya. Meski hanya ada 11 episode, tapi saya cukup lama juga menyelesaikan tontonan kali ini. Maklum saya lagi (sok) sibuk, haha..
Dorama ini tentang detektif (kesukaan saya banget). Tapi eh tapi.. dorama ini mengulas soal sisi lain detektif. Mungkin itu sebabnya saya jadi agak lama menuntaskannya, hehe..

Detail doramanya adalah:
Drama: Detective versus Detectives
Romaji: Tantei no Tantei
Kanji: 探偵の探偵
Direktur: Yusuke Ishii, Shunsuke Shinada, Tomonobu Moriwaki
Penulis: Keisuke Matsuoka (novel),Yuichi Tokunaga
Tanggal Rilis : 9 Juli 2015
Negara: Jepang
Rating: 8,5/10

Kitagawa Keiko as Sasaki Rena
Endo Rina as young Rena
Kawaguchi Haruna as Minemori Kotoha
Miura Takahiro as Kubozuka Yuma
Dean Fujioka as Kirishima Sota
Ito Masayuki as Doi Shuzo
Rokkaku Shinji as Saeki Yuji
Takayama Yuko as Ine Ryoko
Shibuya Kento (渋谷謙人) as Hasebe Noriyasu
Sakata Masanobu as Funase Takashi
Yoshine Kyoko as Sasaki Sakura
Yajima Kenichi as Sasaki Katsunori
Miyata Sanae as Sasaki Azusa
Aijima Kazuyuki as Bando Shiro
Nakamura Yuri as Oda Ayane
Satoi Kenta as Fujito Toshihisa
Yusuke Santamaria as Abiru Yoshinori
Takaoka Saki as Yabuki Yoko
Iura Arata as Suma Yasuomi
Okada Yoshinori as Okao Shinya

Production Credits
Original work: Tantei no Tantei, Tantei no Tantei 2 and Tantei no Tantei 3 by Matsuoka Keisuke (松岡圭祐)
Screenwriter: Tokunaga Yuichi
Producer: Watanabe Koya (渡辺恒也), Kusagaya Daisuke
Director: Ishii Yusuke, Shinada Shunsuke (品田俊介), Moriwaki Tomonobu (森脇智延)
Music: Nima Fakhrara

Dorama ini lebih dark dibanding doramanya Kitagawa Keiko yang The After Dinner Mysteries (ulasan menyusul yaa, padaha saya nonton dorama ini udah lebih duluu, haha). Ceritanya tentang Sasaki Rena (Keiko Kitagawa) yang sangat sedih dengan kematian adiknya, Sasaki Sakura (Yoshine Kyoko). Sakura dibunuh oleh stalker yang sering menguntitnya.
Dari laporan di kepolisian, Rena mengetahui bahwa stalker itu dibantu oleh seorang detektif swasta. Dari laporan yang begitu rinci yang ditulis detektif itulah, si stalker bisa tahu semua tentang Sakura.
Sejak saat itu, Rena berusaha keras untuk menjadi detektif. Ia ingin menemukan identitas asli Shinigami (dewa kematian), sebutan Rena untuk si detektif, dengan memasuki dunia detektif. Rena bahkan mengikuti pendidikan khusus detektif.
Setelah selesai pendidikan, ia bekerja di sebuah perusahaan detektif milik Suma Yasuomi (Iura Arata) yang bernama Suma Research. Suma-lah yang meminta Rena mengikuti pendidikan detektif.
Di Suma Research, Rena bekerja di divisi Anti Detektif. Hanya 1 anggota anti detektif yaitu Rena sendiri. Anti detektif kerjanya mencari tahu detektif mana yang bekerja dengan kotor dan menyimpang.
Tapi kemudian ada anggota baru yang dimasukkan Suma ke Anti Detektif. Dia adalah Minemori Kotoha (Kawaguchi Haruna). Meskipun awalnya tidak suka pada Kotoha, namu Rena tetap perhatian dan berusaha melindungi Kotoha. Selain itu, ternyata Kotoha pun memiliki masa lalu yang erat kaitannya denga Rena.
Sementara itu, pekerjaan Rena dan Kotoha di Anti Detektif seringkali membuat mereka berada dalam bahaya. Awalnya, Rena mengira bahwa Abiru Yoshinori adalah Shinigami. Itu karena Abiru adalah salah satu detektif yang kotor. Tapi ternyata bukan.
Meski begitu, dengan bantuan salah seorang polisi yaitu Kubozuka Yuma (Miura Takahiro), Rena membongkar kedok Abiru. Rena juga mencari tahu keberadaan Shinigami dari orang-orang yang suka menguntit. Ia meminta daftar para detektif yang sering disewa oleh penguntit. Kubozuka dan Kotoha selalu membantu Rena dalam hal ini.
Dari para penguntit ini, Rena menemukan buku laporan investigasi yang sangat mirip dengan laporan dari detektif yang disewa pembunuh Sakura. Sementara itu, sebelas orang wanita korban KDRT tiba-tiba menghilang dari tempat penampungan. Rena yang menyelidiki kasus ini menemukan hubungan yang erat antara kasus ini dengan Shinigami.
Dorama ini cukup menegangkan. Apalagi Rena sering berkelahi dengan para lelaki sendirian. Seru! Seperti yang saya bahas di awal, dorama ini membahas tentang sisi lain detektif. Terutama sisi gelapnya. Penonton jadi tahu, ternyataaaa buanyak sekali detektif kotor di luar sana permirsah! Begitulah kira-kira, haha..
Keiko-san di sini keren banget. Kabarnya ini dorama terakhirnya sebelum menikah. Ia juga sangat total dalam pengerjaan dorama ini. Keiko-san sampai latihan kickboxing untuk dorama ini. Pantas saja, aktingnya oke banget deh di dorama ini. Jago berkelahi, jutek, pendiam, tapi juga rapuhnya bisa terlihat banget.
Kawaguchi Haruna juga oke. Dia bisa menyatu dengan Kitagawa Keiko. Perpaduan yang pas.
Alurnya juga oke sih kalau menurut saya. Penonton dibuat penasaran siapa itu Shinigami. Saya sendiri selalu mencoba menebak-nebak siapa sebenarnya Shinigami itu. Bahkan, saat sudah mulai jelas identitas si Shinigami, eeeh.. malah ada plot twist yang membuat penonton tercengang. Oke banget deh.
Tidak ada kekonyolan dalam dorama ini. Benar-benar total dark dan menegangkan. Meski begitu tetap asik untuk diikuti.
Yang saya kurang suka hanya satu. Ada korban. Ini benar-benar membuat saya mewek. Tapi keseluruhan bagus deh. Saya beri nilai 8,5 untuk dorama ini.
Dorama ini cocok untuk penyuka dorama-dorama yang dark dan menegangkan. Buat yang suka detektif juga cocok. Tapii.. ingat, dorama ini membahas sisi lain detektif. Tidak terlalu banyak memecahkan kasus seperti cerita detektif lainnya. Tapi kalau mau menonton, tentu dorama ini akan jadi dorama yang oke buat ditonton kok. Sampai jumpa di ulasan berikutnya. Saya beri foto juga nanti ya..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan si Midah: Ulasan Drakor Lets Fight Ghost

Catatan si Midah: Ulasan Drakor Doctor Stranger

Lirik Lagu Geu Saram by Lee Seung Chul (OST Baker King / Bread, Love, and Dream)