Catatan si Midah: Ulasan Drakor School 2013

9 Februari 2017

Seperti yang kemarin saya ceritakan, saya habis menuntaskan menonton drama ini. Jadi tentu sekarang saya akan mengulasnya.

Nah, ini detail dramanya
Judul : 학교 2013 / School 2013
Dikenal Juga dengan Judul: School Season 5
Genre : Drama | Remaja | Romantis | Sekolah
Jumlah Episode : 16 Episode
Periode Tayang : 3 Desember 2013 - 28 Januari 2013
Jadwal Tayang : KBS2 | Senin dan Selasa (21.55 KST)
Pemeran Utama : Jang Nara | Choi Daniel | Lee Jong Suk | Kim Woo-bin

Guru Seungri :
Jang Nara sebagai Jung In-jae
Choi Daniel sebagai Kang Se-chan
Uhm Hyo-sup sebagai Uhm Dae-woong
Park Hae-mi sebagai Im Jung-soo
Lee Han-wi sebagai Woo Soo-chul
Oh Young-shil sebagai Yoo Nan-hee
Yoon Joo-sang sebagai Jo Bong-soo
Kwon Nam-hee sebagai Kwon Nam-hee
Kim Yun-ah sebagai Kim Yun-ah Lee
Won-suk sebagai Kim Dae-soo
Siswa Seungri :
Lee Jong Suk sebagai Go Nam soon
Kim Woo-bin sebagai Park Heung-soo
Park Se-young sebagai Song Ha Kyung 
Ryu Hyoyoung sebagai Lee Gang-joo
Kwak Jung-wook sebagai Oh Jung-ho
Choi Chang-yub sebagai Kim Min-ki
Kim Young-choon sebagai Byun Ki-duk
Kim Dong-suk sebagai Kim Dong-suk
Jun Soo-jin sebagai Gye Na-ri
Kim Chang-hwan sebagai Han Young-woo

Pemeran Pendukung:
Kim Na Woon sebagai Min Ki’s mother (chairman of Seungri High School Parent Council)
Lee Yun Kyung sebagai Song Ha Kyung’s mother

TIM PRODUKSI:
Perusahaan Produksi: Content K
Direktur: Lee Eung Bok, Lee Min Hong
Penulis Naskah: Lee Hyun Joo, Go Jung Won

Kabarnya sih, drama ini merupakan seri kelima dari serial School. Ini musim kelima dari sepuluh tahun sejak musim lalu. Tapi saya belum pernah menonton serial School 1-4 sih. Jadi penasaran juga seperti apa yang 1-4. Katanya yang pertama kali rilis itu tahun 1999 dan ditayangkan sampai tahun 2002. Jadul banget yaa..
Drama ini sendiri bercerita tentang SMA Seungri, terutama kelas 2-2. SMA Seungri sendiri memiliki masalah yaitu sebagai sekolah yang memiliki reputasi terburuk berdasarkan nilai akademis dari 178 sekolah di Seoul. Oleh karena itu, Kepala Sekolah sibuk berusaha meningkatkan nilai para murid.
Sementara itu, Jung In Jae (Jang Nara) yang merupakan guru tidak tetap ditunjuk sebagai wali kelas 2-2 yang terkenal berperilaku buruk dan memiliki rata-rata nilai akademis paling rendah. Meski begitu, di kelas 2-2 juga ada 2 orang yang nilai akademisnya selalu tertinggi, yaitu Kim Min Ki dan Song Ha Kyung.
Tapi, untuk membantu meningkatkan nilai akademis kelas 2-2 itu, Kepala Sekolah mempekerjakan Kang Se Chan (Choi Daniel) yang merupakan guru sastra Korea terkenal sebagai wali kelas kedua bagi kelas 2-2. Sejak saat itu, dimulailah petualangan Jung In Jae dan Kang Se Chan menjadi wali kelas dari anak-anak yang "super", haha..
Berbagai permasalahan mulai datang. Ada Go Nam Soon (Lee Jong Suk) yang ternyata memiliki masa lalu yang suram. Masa lalu itu terungkap saat Park Heung Soo (Kim Woo Bin) masuk menjadi murid baru di kelas 2-2.
Lalu ada Song Ha Kyung (Park Se Young) yang merupakan murid cukup pintar dan sangat ingin masuk universitas S. Ia sampai mengabaikan kesehatannya karena terus-terusan belajar.
Ada pula Kim Min Ki yang juga pintar. Ia disuruh masuk les ini itu oleh ibunya sehingga merasa hidupnya tidak bebas. Ibu Min Ki juga sering ikut campur dalam urusan wali kelas juga nilai ulangan.
Lalu ada Oh Jung Ho, siswa berandalan yang menyebalkan dan dibenci teman-teman sekelasnya. Namun ternyata ia memiliki kehidupan yang suram.
Drama ini bagus deh. Jarang ada drama yang mengulas sisi pendidikan di sekolah. Apalagi di drama ini ceritanya guru itu berusaha dengan baik mengajar dan mendidik murid-muridnya. Kalau di drama lain kan guru itu seperti tempelan. Hanya sekilas lalu. Sudah begitu, seringnya guru itu digambarkan dengan sosok yang konyol dan tidak berwibawa.
Kalau di drama ini berbeda. Penonton jadi bisa tahu gimana dilemanya si guru yang ingin murid-muridnya berhasil tapi murid-muridnya susah dikasih tau. Saya acungin dua jempol deh pokoknya.
Akting para pemainnya juga oke. Banyak aktris dan aktor papan atas di sini. Ada Jang Nara, Choi Daniel, Lee Jong Suk, Kim Woo Bin dan Park Se Young yang aktingnya tidak diragukan lagi. Oke banget deh. 
Hanya endingnya saja yang agak nggak enak, hehe.. Tapi itu bisa dibilang wajar sih. Namanya juga kehidupan. Pasti ada saja yang begitu. Penasaran kan endingnya kayak gimana? Tonton aja deh sendirii.. Pasti nggak akan nyesel.
Saya sendiri tak segan memberi nilai 9,5 untuk drama ini. Keren abis deh pokoknya. Recommended banget untuk ditonton semua kalangan. Nggak ada cinta-cintaan, nggak ada adegan cium-ciuman. Cocok untuk anak sekolah. Pokoknya ya emang cocok untuk semua kalangan. Untuk melengkapi, nanti saya beri gambar juga kalau sempat yaa.. Byee..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan si Midah: Ulasan Film India Agneepath

Catatan si Midah: Ulasan Drakor Empress Ki

Datang Saat Butuh